FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PURNAMA 2 KOTA JAMBI

Mardiana, Lili Andriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Purnama 2 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai MSA tertinggi pertama sebesar 0,865, kedua 0,839, dan ketiga 0,821 (terlampir). Dimana, nilai MSA untuk tertinggi pertama pada P6 dari faktor psikologis siswa, tertinggi kedua berada pada P5  dan tertinggi ketiga pada P1 dari faktor fisik siswa. Hal ini di dukung dengan hasil penelitian Rima Rahmawati (2015) menyatakan bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap morivasi belajar yaitu faktor psikologis siswa kelas X, XI, dan XII Pada mata pelajaran ekonomi dalam kategori scukup baik 64%. Artinya, kondisi psikologis berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang ada di SMA Purnama 2 Kota Jambi.

Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the description of the factors that influence learning motivation in an effort to improve student learning outcomes in economic subjects at SMA Purnama 2, Jambi City. The results showed that the first highest MSA value was 0.865, second 0.839, and third 0.821 (attached). Where, the MSA value is for the first highest in P6 from the psychological factors of students, the second highest is at P5 and the third is the highest on P1 from the physical factors of students. This is supported by the results of the research by Rima Rahmawati (2015) which states that one of the factors that influence learning motivation is the psychological factor of students in class X, XI, and XII in the economic subjects in the category of 64%. That is, psychological conditions affect the learning motivation of students in Purnama 2 High School, Jambi City.

Keyword : Motivation, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.